Gmail merupakan layanan free email dari Google, selain free dan kapasitas inbox yang besar, Gmail juga mendukung bermacam-macam fitur seperti Google talk, forward email dari email lain, membuat dan menyimpan dokumen, menyimpan photo, catatan harian, dll. 

Tapi tidak hanya itu Gmail juga menawarkan suatu program gratis bernama Better Gmail. Program ini berguna untuk merubah tampilan dan mempermudah pengaturan dari Gmail itu sendiri seperti “menyembunyikan chat bar, iklan, merubah tampilan pengaturan google, dll, sehinggga pemakai bisa mengoptimalkan pemakaian Gmail sesuai dengan kebutuhan.


Program ini merupakan program extension/add-ons yang biasa digunakan pada browser yang khusus diperuntukkan untuk layanan Gmail. Pada bahasan kali ini saya akan menjelaskan penggunaan extension/add-ons pada Mozilla Firefox dan Google Chrome. Cara-caranya adalah sebagai berikut :

• Add-Ons Better Gmail pada Mozilla Firefox

1. Buka browser Mozilla Firefox, kemudian pilih menu Tools – Add-ons

2. Pilih tab Get Add-ons kemudian ketik “better gmail” , pilih Better Gmail 2 lalu pilih Add To Firefox.

3. Pilih Install Now dan tunggu sampai proses selesai.

4. Restart Firefox, kemudian pilih kembali menu Tools – Add-ons

5. Pilih tab Extension kemudian cari extension Better Gmail 2 lalu pilih Preferences untuk melakukan pengaturan

6. Di sini kita tinggal melakukan pengaturan dengan melakukan check dan uncehck button sesuai keinginan masing-masing, kemudian pilih OK

7. Buka account Gmail anda dan lihat perbedaannya. 🙂


• Extension Better Gmail pada Google Chrome

1. Buka browser Google Chrome anda dan ketikkan alamat https://chrome.google.com/extensions/

2. Ketikan “better gmail” pada kotak search

3. Lalu akan keluar tampilan seperti ini

4. Pilih Better Gmail dari hasil pencarian dan pilih Install, setelah itu Google Chrome akan melakukan download dan installasi otomatis.

5. Setelah selesai installasi kita akan menggunakan fitur extension ini, pilih Settings – Tools – Extension, maka akan tampil tampilan extension dari Google Chrome.

6. Pilih Options kemudian kita tinggal melakukan check atau uncheck sesuai pengaturan yang ingin anda buat pada check button pada Better Gmail Options, lalu pilih Save

7. Buka account Gmail anda dan lihat perbedaannya. 🙂