Data center logo

Setelah vakum beberapa lama akhirnya kesampaian juga saya membuat artikel kembali..hehe. Langsung aja yak, kali ini saya akan bahas perihal Data Center.

Data Center yang secara harfiah berarti pusat data, adalah suatu fasilitas untuk menempatkan sistem komputer dan equipment-equipment terkait, seperti sistem komunikasi data dan penyimpanan data. Fasilitas ini mencakup catu daya redundant, koneksi komunikasi data redundant, pengontrol lingkungan, pencegah bahaya kebakaran, serta piranti keamanan fisik. Pada era ICT (Information and Communication Technology) saat ini, Data Center telah menjadi satu isu penting di dunia, khususnya bagi para pelaku
bisnis.

Sebagai inti dari layanan bisnis, maka Data Center harus mampu memberikan layanan optimal, sekalipun terjadinya suatu bencana, sehingga bisnis dalam suatu korporasi harus tetap bertahan hingga menghasilkan laba. Berawal dari peran Data Center yang sangat signifikan, serta dikaitkan dengan berbagai isu yang ada pada Data Center saat ini, terutama Disaster Recovery Planning, maka kajian secara komprehensif dan holistik mengenai Data Center, telah menjadi kritikal isu bagi suatu institusi bisnis sebagai user dan isu yang menguntungkan bagi produsen penyedia infrastruktur dan equipment Data Center.

Secara umum Data Center terbagi dua berdasarkan fungsinya :
Internet Data Center, biasanya hanya dioperasikan untuk kebutuhan Internet Service Provider dan Corporate Data Center, dimiliki oleh suatu korporasi atau institusi, untuk mengoperasikan proses bisnis, dengan menggabungkan layanan Internet dan Intranet.

Dalam melakukan perancangan terhadap sebuah data center, harus diperhatikan kedua hal tersebut dengan tujuan mendapatkan data center sesuai dengan kriteria berikut:

Availability.
Data center diciptakan untuk mampu memberikan operasi yang berkelanjutan dan terus-menerus bagi suatu perusahaan baik dalam keadaan normal maupun dalam keadaan terjadinya suatu kerusakan yang berarti atau tidak. Data center harus dibuat sebisa mungkin mendekati zero-failure untuk seluruh komponennya.

Scalability dan flexibility.
Data center harus mampu beradaptasi dengan pertumbuhan kebutuhan yang cepat atau ketika adanya servis baru yang harus disediakan oleh data center tanpa melakukan perubahan yang cukup berarti bagi data center secara keseluruhan.

Security.
Data center menyimpan berbagai aset perusahaan yang berharga, oleh karenanya sistem keamanan dibuat seketat mungkin baik pengamanan secara fisik maupun pengamanan non-fisik.

Tier pada Data Center
Perancangan data center berangkat dari kebutuhan yang ada, untuk kemudian didefinisikan berbagai perlengkapan IT yang diperlukan beserta pemilihan teknologi berbarengan dengan perencanaan infrastruktur data center yang lain. Ada 4 tier dalam perancangan data center yang setiap tiernya menawarkan tingkat availabilitas yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan suatu data Center menurut TIA 942 (Telecommunication Industry Association). Seperti ditampilkan pada gambar berikut:

Tier

Tier 2

Menurut penulis, data center yang bisa diacukan untuk kriteria bisnis adalah data center sekelas tier 3, karena data center tipe tersebut sangat cukup untuk keperluan bisnis dari segi skabilitas, security, dan avaibilitas.

Sebagai contoh, berikut adalah list penyedia jasa data center yang ada di Jakarta, dimana Jakarta sebagai jantung ibu kota dan kota bisnis yang tidak pernah tidur.

Penyedia Data Center tier 3 di Jakarta:

Jupiter Data Center
Ariobimo Sentral 3rd Floor
Jl. HR. Rasuna Said Kav X-2/5
Jakarta 12950
Telepon: 021 5264722

Biznet Data Center
RT.10/RW.11, Karet Tengsin,Tanahabang,
Jakarta Pusat,
Jakarta, Indonesia
Telepon : 021 57998888

IDC Indonesia
Gedung Cyber Lt. 7
Jl. Kuningan Barat No.8
Mampang Prapatan.
Jakarta Selatan
Jakarta, Indonesia
Telepon : 021 5269988

IDC Jakarta 3D
Jalan Duren Tiga Raya No.7H,
Duren Tiga, Pancoran
Jakarta Selatan
Jakarta, Indonesia
Telepon: 021 7987982

NTT Indonesia Nexcenter
Cyber Building I, Lantai 3A
Jalan Kuningan Barat No. 8
Mampang Prapatan.
Jakarta Selatan
Jakarta, Indonesia
Telepon: 021 5209810

Golden Fast Network
Cyber Building 1, 3rd Floor
Jl.Kuningan Barat no.8
Jakarta 12710 – Indonesia
Telepon: 021-5277822

Sumber:
http://ilmukomputer.org/