switch

Bahasan sebelumnya saya pernah membahas bagaimana caranya melakukan reset password Cisco Router, lebih lengkapnya baca artikel ini, Password Cisco Router, pada bahasan kali ini saya akan membahas bagaimana cara melakukan reset Cisco Switch ke konfigurasi awal.

Pada saat kita ingin melakukan reset Cisco router, kita hanya perlu menghapus file startup config pada NVRAMnya saja kemudian direload, maka akan hilang semua konfigurasinya dan router kembali ke konfigurasi awal, namun pada switch data yang tersimpan tidak hanya konfigurasinya saja, terdapat database VLAN yang tersimpan pada memory Flash. Jadi saat kita ingin melakukan reset kita perlu menghapus startup pada NVRAM dan vlan database pada flash memory.

Berikut cara-caranya:

1. Koneksikan Cisco switch yang ingin dilakukan reset dengan kabel console dan hubungkan juga dengan laptop/pc, pada contoh kali ini saya menggunakan Cisco switch 2960.
2. Buka Tools Putty atau HyperTerminal, atur konfigurasi sbb:

HyperTerminal:
9600 baud rate
No parity
8 data bits
1 stop bit
No flow control

Putty:
Connection type: Serial
Serial line: COM 1-9
(Untuk nilainya bisa dilihat dengan cara klik kanan My Computer > Manage > Device Manager > Ports (COM & LPT) nah anda bisa lihat terdeteksi di port berapa console yang terkoneksi dengan laptop/pc anda).

Lalu coba akses ke switch, dan jalankan perintah berikut:

Switch#delete flash: vlan.dat -> Menghapus database vlan
Switch#erase startup-config -> Menghapus konfigurasi startup
Switch#reload -> Restart switch
Proceed with reload? [confirm] -> Tekan enter

Switch akan kembali ke konfigurasi default.

Semoga bermanfaat. 🙂