noc tools

Meneruskan artikel sebelumnya, yaitu Tentang dan Job Desk NOC (Network Operation Center), masih seputar NOC juga bahasan di artikel ini, saya ingin share ke para pembaca mengenai tools-tools apa saja yang digunakan NOC dalam bekerja.

Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman saya bekerja sehari-hari, bertujuan untuk memudahkan para pembaca yang baru terjun di dunia networking, khususnya yang baru atau ingin terjun di dunia Network/NOC agar mengetahui tools-tools apa saja yang digunakan dalam keseharian NOC untuk troubleshooting.

Tools untuk monitoring.

1. IP Switch WhatsUp Gold
2. PRTG Network Monitor
3. Cacti
4. Nagios

Tools untuk troubleshooting.

1. Putty, SSH Secure Shell, SecureCRT
2. Tfgen
3. Exping
4. TFTP Server, 3CDaemon
5. Stg

Berikut penjelasan untuk masing-masing tools di atas.

Tools Monitoring

– IP Switch WhatsUp Gold

whatsup gold

Tools ini digunakan untuk memonitoring dan memanajemen perangkat jaringan yang ingin dimonitoring. Konsep monitoringnya yaitu, PC monitoring yang terinstall tools ini dapat terhubung ke semua jaringan pada ISP anda, kemudian anda menjalankan tools tersebut dengan menambahkan icon perangkat yang ingin dimonitoring (memasukkan icon perangkat, IP address) dan menghubungkannya dengan perangkat lain, dimana aslinya perangkat tersebut juga terhubung ke perangkat seperti yang pada monitoring. sehingga memudahkan seorang NOC/Network Administrator dalam memonitoring dan memanajemen jaringan itu sendiri.

Untuk tools ini berbayar, namun dari website resminya anda bisa menggunakan trialnya jika ingin mencoba.
Website: http://www.whatsupgold.com/

– PRTG Network Monitor

prtg

Tools ini digunakan untuk memonitoring utilisasi bandwidth dan traffic dari network yang ingin anda monitoring, konsepnya hampir sama dengan di atas namun anda harus menambahkan SNMP pada masing-masing perangkat agar bisa termonitor traffic dan bandwidthnya. Dengan tools ini anda juga dapat menambhakan sensor untuk memonitoring status hardware dari perangkat jaringan itu sendiri.

Untuk tools ini berbayar, namun dari website resminya anda bisa menggunakan versi freenya jika ingin memonitoring satu perangkat.
Website: http://www.paessler.com

– Cacti

cacti

Tools ini hampir sama dengan PRTG, yaitu memonitoring utilisasi bandwidth dan traffic, dan network administrator harus menambahkan SNMP pada masing-masing perangkat agar bisa termonitor traffic dan bandwidthnya.

Cacti dapat diinstall di Linux dan Windows
Website: http://www.cacti.net/

– Nagios

nagios

Tools ini lebih digunakan untuk memonitoring interface pada suatu perangkat jaringan dengan menggunakan protokol ICMP atau biasa dikenal PING, dimana server nagios melakukan ping ke IP host/perangkat jaringan tersebut dan apabila ada yang down maka Nagios akan menampilkan alarm.

Tools ini juga bisa memantau jaringan dengan protokol lain, seperti smtp, pop3, ntp, dll dan memantau status processor, disk, memory, dll, dan menyimpan log.
Website: http://www.nagios.org/

Tools untuk troubleshooting.

– Putty, SSH Secure Shell, SecureCRT

putty

Tools di atas digunakan untuk menagkses/meremote perangkat jaringan seperti server, router, switch, dll, tools di atas berbasiskan CLI (Command Line Interface), berguna sekali bagi anda yang ingin mengecek konfigurasi pada perangkat jaringan/server yang anda gunakan.

Download Putty
Download SSH Secure Shell

– Tfgen

tfgen

Tool ini digunakan untuk mengirimkan packet byte dalam jumlah besar ke suatu alamat network. Biasanya tool ini digunakan untuk membanjiri packet ke alamat suatu network untuk memastikan bandwidth dan traffic yang digunakan.

Download

– Exping

exping

Tool ini sama seperti perintah ping dalam command prompt, hanya saja tool ini dapat disimpan hasil lognya dalam format csv.

Download

– TFTP Server, 3CDaemon

tftp

Tools di atas digunakan untuk mengupload/mendownload file pada router/switch, biasanya digunakan untuk upgrade IOS, backup file yang ada di router.

Download TFTP server
Download 3CDaemon

– Stg

stg

Tool diatas digunakan untuk memonitoring utilisasi traffic bandwidth secara real time pada perangkat jaringan, biasanya digunakan untuk troubleshoot untuk memastikan jaringan leased line dari ISP ke Customer sudah sesuai dengan bandwidth yang disewa atau belum.

Download

Demikian artikel tentang tools yang digunakan NOC selama bekerja, sebenarnya masih ada beberapa tools lain, yaitu tools online yang diakses melalui internet, mungkin akan saya bahas pada artikel nanti.

Semoga bermanfaat. 🙂

Download PDF untuk artikel ini di sini.