noc monitoring

Saya ingin sharing mengenai salah satu pekerjaan di dunia network, yang saya geluti setiap harinya juga, yaitu NOC (Network Operation Center), biasanya disebut NOC aja :D, nah bagi anda yang mungkin baru diterima untuk pekerjaan ini, mungkin artikel ini berguna pagi para pembaca yang ingin terjun ke dunia network.

Apa itu NOC:
NOC (Network Operation Center) adalah sebutan untuk lokasi dimana suatu perusahaan ISP (Internet Service Provider) dapat memonitoring semua jaringan internet, vpn, data center, server, email, customer links, dan perangkat jaringan lainnya. dan ditempat itulah member NOC berada, dimana member NOC memonitoring semua hal tersebut di atas selama 24/7 (24 jam/seminggu), jadi NOC itu kerjanya shift-shiftan lho.

Tugas NOC:
NOC bertanggung jawab untuk memonitoring jaringan, server, email, dan mengecek masalah jika ada alarm atau kondisi tertentu yang memerlukan perhatian khusus untuk menghindari dampak pada kinerja jaringan itu sendiri.

NOC berperan sebagai Help Desk, dimana menerima komplain masuk dari customer yang mengeluhkan/menanyakan layanan, produk, service dari ISP tersebut, kemudian melakukan follow up, analisa, dan pengecekan agar masalah/pertanyaan customer itu solve.

NOC berperan sebagai Engineer, dimana melakukan pengecekan dan onsite ke tempat perangkat jaringan ISP tersebut (ex: modem, router, access point, switch, dll) berada, jika ada masalah atau ada perubahan manajemen jaringan itu sendiri.

Gambaran pekerjaan NOC:

noc

Saat bekerja, 90% pekerjaan NOC dilakukan di depan layar komputer, dimana NOC memonitoring service dan layanan mereka pada monitor besar, dimana tampilan monitor tersebut adalah layanan yang disewa oleh customers. apabila ada salah satu layanan customer tersebut bermasalah, maka NOC melakukan analisa dan troubleshoot, dan biasanya juga berkoordinasi dengan tim lain (upstream, vendor, carrier) untuk penanganannya.

NOC menerima pertanyaan atau komplain dari customers melalui telepon atau email, di sini NOC harus bertanggung jawab dalam penanganan pertanyaan atau komplain tersebut sampai selesai atau jelas.

NOC melakukan analisa saat melakukan pengecekan dan troubleshoot, berusaha melakukan percepatan agar masalah customer tersebut solve, biasanya masalah seputar layanan yang di sewa customer itu sendiri.
Contoh: Internet, VPN, MPLS, Email, Hosting, Interkoneksi, dll.

NOC berkoordinasi dengan tim lain yang berbeda divisi jika diperlukan, perihal service yang digunakan oleh customer itu sendiri.
Contoh: Saat t/s jaringan di customer A, NOC kesulitan mengakses router di customer karena username dan password router tidak ada pada database NOC, di sini NOC berkoordinasi dengan tim provisioning untuk mendapatkan username dan password tersebut.

Yaa, jadi penjelasan di atas adalah deskripsi dan gambaran mengenai NOC itu sendiri, jadi apakah anda sekarang jadi tertarik bekerja menjadi NOC?:D, Jika anda memang tertarik dengan NOC anda bisa membaca artikel saya yang lain tentang Tools Yang Digunakan NOC Dalam Bekerja.

Download PDF untuk artikel ini di sini.