CISCO2901

Pada bahasan artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara melakukan reset password pada Cisco Router, sebenarnya artikel ini saya buat untuk reminder untuk saya jikalau dibutuhkan, karena sewaktu saya kerja beberapa hari yang lalu dan membimbing karyawan baru untuk reset password, saya lupa perintah confregnya. :p.

Nah langsung saja ya, hal ini berlaku jika router anda saat anda booting, masuk ke login dan password atau rommon. Jika masuk ke login dan password anda harus merestart kembali router anda dan pada saat router sedang booting di detik 10-30 tekan kombinasi tombol di keyboard CTRL + BREAK.

Kemudian anda akan masuk ke rommon 1>

Ikuti langkah-langkah berikut:

Pada menu rommon 1> ketikan perintah confreg 0x2142, setelah itu ketikan perintah reset, eperti di bawah

rommon 1>confreg 0×2142
rommon 2>reset

Router akan tereboot lagi dari awal dengan melewati ROM, konfigurasi start-up di NVRAM, dan langsung membaca IOSnya, apabila ada konfirmasi dialog dari router untuk setup router ketik “no”. Setelah itu router akan masuk ke menu berikut.

Router>enable

Tampilan command-line di atas menunjukkan bahwa router sudah dalam kondisi default, anda bisa memastikan dengan perintah show running-config untuk memeriksa apakah ada konfigurasi sebelumnya yang tertinggal.

Kemudian anda tinggal mengkonfigurasi router sesuai yang anda inginkan, namun sebelum router direstart kembali, ubah settingan config-register agar router dapat membaca konfigurasi start-upnya.
Berikut perintahnya:

Router#confreg 0x2102

Setelah itu coba direload routernya, jalankan perintah berikut:

Router#reload

Selesai. 🙂

Download PDF untuk artikel ini di sini.