WP

Saya ingin berbagi sedikit pengelaman seputar dunia WordPress, dimana saya pernah mengalami masalah yang cukup mengganggu blog saya. Dulu saya menginstall WordPress pada suatu hosting, dan ketika saya menemukan Hosting lain saya tertarik dan akhirnya saya pindah ke hosting tersebut, pada saat pindah hosting saya hanya memindahkan file-file dihosting lama ke hosting yang baru kemudian mengarahkan name server domain ke hosting yang baru, kemudian perubahan-perubahan akses database pada file wp-config.php.

Setelah pemindahan hosting selesai, saya coba akses blog saya, semuanya tidak ada masalah, masalah mulai timbul ketika saya mengupdate artikel saya, ketika saya klik “Update” muncul halaman blank atau bisa dikatakan proses loading berhenti. di url brower tampil alamat berikut http://domain-anda/wp-admin/post, halaman tersebut muncul ketika menjalankan halaman post.php baik untuk edit artikel atau membuat artikel baru.

Jika anda mengalami masalah yang mirip dengan di atas, silahkan ikuti salah satu step-step berikut.

1. Hapus enter spasi pada bagian paling bawah file wp-settings.php dan wp-config.php pada directory /public_html/ dan file functions.php pada tema yang anda pakai, di /public_html/wp-content/themes/

2. Ubah nama / rename plugins yang ada pada directory public_html/wp-content/ menjadi nama apa saja
Misal: plugins-rename

3. Jika anda menggunakan plugin cache untuk wordpress, seperti W3 Total Cache, lebih baik non aktifkan dulu sebelum anda mengubah nama plugins.

4. Ubah theme anda ke theme standard WordPress / defaultnya. Kemungkinan bahwa theme terbaru tidak kompatibel dengan versi WordPress atau plugins.

Setelah selesai cobalah. Halaman blank page tersebut muncul karena plugin-plugin yang tidak bisa dijalankan ketika anda pindah ke hosting lain, corrupt file pada saat upgrade versi WordPress, dan beberapa hal lain yang belum saya tahu. 😀

Semoga bermanfaat. 😀