Wikipedia

Tidak bisa dipungkiri banyak dari kita, para pelajar, mahasiswa, guru, dosen dan setiap orang yang sedang berselancar di dunia internet mengandalkan Wikipedia sebagai sumber dalam mencari bahan materi, tugas, penulisan, dan lain-lain. Ya inilah kehandalan ensiklopedia online dan gratis yang banyak membantu kita dalam mencari berbagai ilmu pengetahuan.

Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet. Proyek Wikipedia ini bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada seluruh manusia di dunia. Dan memang benar berkat kedua orang inilah, kita dan bangsa ini menjadi tidak buta dan bebas melihat dunia dengan semua pengetahuan yang ada di dalamnya.

Apakah anda pernah berpikir semua artikel dari Wikipedia bisa anda download semuanya dan anda lihat di rumah tanpa harus terkoneksi dengan internet? Jawabannya Ya, Bisa. Caranya? anda bisa menggunakan aplikasi yang saya share di sini, namanya yaitu Kiwix, Kiwix adalah aplikasi pembaca konten web yang dikhususkan untuk Wikipedia agar pembaca dapat membaca konten Wikipedia tanpa harus terkoneksi lewat Internet.

Aplikasi ini menggunakan framework Mozilla, kita dapat mengkonversi konten yang anda baca menjadi file PDF dan HTML. File yang dibuka berekstensi ZIM, jadi anda harus mendownload terlebih dahulu konten Wikipedia yang telah disediakan oleh Kiwix. Kiwix dapat beroperasi pada OS Windows, Linux, Apple, Gentoo, Debian, Ubuntu, Archlinux, dan Sugar.

Berikut screenshoot dari Kiwix:

Kiwix Screenshoot

Berikut link untuk mendownload aplikasi ini:

Download Kiwix

Download Wikipedia Konten (Wikipedia Bahasa Indonesia) Size 2.2 GB, konten April 2012.

Apabila anda ingin mendownload Wikipedia dalam bahasa yang lain anda dapat mengunjungi langsung halaman Kiwix di sini.

Semoga bermanfaat 😀