Hosting

Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu mengenai 25 Web Hosting Terbaik Di Indonesia dengan tema yang sama. Untuk artikel kali ini penulis akan memberikan tips bagaimana memilih penyedia web hosting. Penyedia web hosting di sini adalah suatu perusahaan/CV/perorangan yang menyediakan jasa hosting, biasanya mereka menawarkan jasa mereka lewat website atau forum-forum di internet, di sini saya akan berbagi tips bagaimana cara memilih penyedia jasa hosting yang handal dan profesional sebelum anda membeli hosting.

Artikel ini tidak semuanya saya buat sendiri, sebagian saya share dari berbagai sumber yang saya sertakan di akhir artikel. Saat ini penyedia jasa web hosting sangat mudah kita temui, terutama dari internet (situs resmi web hosting, forum hosting, iklan-iklan di tiap-tiap blog, situs jejaring sosial, dll). Harga, fitur, promo menjadi program mereka untuk dibuat semenarik mungkin dengan tujuan agar membuat customer tertarik untuk membeli.

Berikut hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli hosting:

1. Pendaftaran dengan biaya registrasi.

Saat ini ada banyak perusahaan web hosting yang menarik biaya setup atau registrasi, kesimpulannya adalah jelas! Menarik biaya registrasi atau biaya aktifasi identik dengan asumsi bahwa meng-aktif-kan account anda adalah sesuatu yang berat dan menyusahkan. Bahkan biaya registrasi juga sering digunakan untuk kamuflase biaya bulanan supaya tampak lebih murah. Padahal setelah dihitung dengan jelas, fitur dan harga perusahaan tersebut sangat mahal.

Bila meng-aktivasi account anda saja sudah dianggap ‘susah’ hingga mereka merasa perlu menarik biaya setup/registrasi, bukankah permintaan support yang anda minta pada mereka dikemudian hari juga perlu diragukan kualitasnya layanannya?

2. Domain terlalu murah? Hati hati! Jangan mudah tergiur.

Saat ini, semua pendaftaran domain membutuhkan biaya yang harus dibayar kepada registri/master operator domain (baik itu domain lokal atau internasional).

Sudah menjadi rahasia umum bahwa domain murah tidak wajar akan berakhir dengan dipersulitnya status kepemilikan domain anda oleh provider ‘murahan’ tersebut atau bahkan penyalahgunaan oleh pihak lain.

Sama halnya dengan hosting Kalau ada jasa webhosting yang menawarkan harga jauh di bawah harga normal, itu justru patut dipertanyakan kualitas pelayanan dan keamanan hostingnya. Jadi jangan langsung tertarik dengan harga murah.

3. Hosting yang jelas, dapat dipertanggung jawabkan.

Fakta membuktikan banyak ‘perusahaan hosting’ yang hanya dioperasikan oleh 1 atau 2 orang plus bumbu klaim nama perusahaan aspal dan ternyata hanya mempunyai masa operasi beberapa bulan saja lalu tutup bangkrut dan hilang tanpa jejak.

Sebelum menyetujui pembukaan rekening atas nama perusahaan, pihak bank akan melakukan verifikasi legalitas dan kesehatan keuangan perusahaan yang bersangkutan.

4. Hosting dengan team support yang handal dan ramah.

Ini yang terpenting, saat anda kesulitan mengelola domain atau hosting anda, anda emosi saat dihadapkan dengan petugas/staff hosting yang tidak profesional, yang tidak mengerti tentang keluhan anda dan hanya menampung semua keluhan anda dan tidak memberikan solusi.

Atau saat server yang anda gunakan down, dan technical support yang mengelola hosting anda tidak available, apa yang harus anda lakukan?

Jika anda baru dalam dunia hosting dan ingin membeli hosting yang handal, carilah perusahaan atau penyedia hosting yang memiliki team support yang handal atau pelayanan 7×24 jam. Jadi anda tidak ada kesulitan jika mengalami masalah pada hosting anda.

5. SLA (Service Level Agreement).

Biasanya perusahaan hosting yang bagus mampu meberikan SLA (Service Level Agreement), yaitu jaminan yang diberikan oleh perusahaan web hosting untuk customernya. Seperti:

– Jaminan Uptime Konektivitas Internet
– Jaminan Uptime Server
– Jaminan Keamanan Data
– Klaim Atas Kegagalan Jaminan

Hal tersebut sangatlah penting bagi anda yang menginginkan layanan hosting uptime 24 jam tanpa down, perusahaan hosting yang bagus berani menjamin hal tersebut baik dari sisi server, jaringan, dan service.

6. Hosting Murah. Hati-hati.

Ada banyak “perusahaan” hosting menawarkan paket kecil kecil – misal 5Mb , 20MB atau 50MB seharga ribuan rupiah saja. Bagaimana tentang hal tersebut?

Tahukah anda bahwa saat ini teknologi komputer tidak pernah bisa memper-murah harga sebuah server?

Yang bisa mereka lakukan adalah memperbesar kapasitas dan infrastruktur sebuah server. Sebagai misal, 10 tahun yang lalu hanya tercipta harddisk maximum 20GB. Kini ini dengan harga yang sama kita akan mendapat sebuah server dg kapasitas prosesor yang tinggi dan harddisk dengan kapasitas lebih dari 250GB harddisk. Sedangkan hardisk kecil tidak lagi diproduksi.

Perusahan hosting yang menawarkan paket kecil kecil dengan harga murah tentu akan mengejar cashflow untuk menutupi biaya operasional server dan tentu saja sbg konsekuensinya server tempat anda berada akan dipenuhi dengan ribuan atau puluhan ribu accounts hingga menjadi overload.

Semoga bermanfaat 😀

Referensi:
http://kotahosting.com
http://www.rumahweb.com