Ketika anda berselancar di internet dengan membuka banyak tab pada browser tanpa kita sadari hal tersebut ternyata sangat memakan kinerja memory, sehingga mengakibatkan komputer terasa berat dan lambat ketika membuka program lain. Karena pada saat kita membuka banyak tab tersebut tab-tab yang telah kita buka sebelumnya ternyata terus berjalan sehingga memenuhi kinerja RAM.

Anda berkata, browser yang anda gunakan ringan, cepat, dan tidak membebani memory. Tapi sebenarnya secanggih apapun browser, ketika anda membuka suatu halaman/url kinerja browser akan selalu bertambah sesuai isi dari halaman, konten, dan jumlah tab yang anda buka.

Berikut ini akan saya coba bahas bagaimana cara mengurangi beban memory dengan melakukan optimize browser, anda bisa menggunakan software Momo Web Browser Optimize

Software ini mampu menghemat pemakaian memory sampai 80% pada browser yang anda gunakan, sehingga dengan software ini kinerja memory akan berkurang dan browser tidak akan hung/not responding lagi ketika anda membuka banyak tab. Software ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai keterbatasan memory/RAM pada komputer yang anda gunakan.

Seperti yang anda tahu, perkembangan teknologi saat ini semakin cepat, seperti versi dari browser yang menyesuaikan isi/konten dari suatu website seperti animasi flash, gif, video, dll. Sehingga penggunaan broser tersebut pastinya akan menambah beban memory, dan kita sebagai end user mau tidak mau kebutuhan hardware juga harus ditingkatkan agar dapat mengimbangi perkembangan teknologi tersebut.

Software ini dapat melakukan optimize beberapa browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Palemoon, Opera, Safari dan Internet Explorer.

Berikut langkah-langkah dan screenshoot dari percobaan yang dilakukan penulis:

Download Momo Web Browser Optimeze di sini, kemudian install seperti biasa dan buka programnya, kemudian

– Pilih browser yang anda pakai
– Pada bagian Optimize:Memory check pilihan ON
– Pada bagian Optimize:Time pilih pilihan 5 Second atau terserah anda.

Berikut tampilannya:

Berikut adalah perbandingan sebelum saya menggunakan software ini dan sesudahnya.

Sebelum ->

Di atas terlihat proses dan penggunaan memory pada browser chrome sangat besar.

Sesudah ->

Di atas terlihat berkurangnya penggunaan memory saat browser dilakukan optimize dengan Momo Web Browser Optimize.

Dari tampilan tersebut jelas sangat signifikan pengaruhnya. Mungkin anda bisa mencobanya dan apabila berhasil silahkan dishare di sini.

Semoga bermanfaat. 😀