Apa itu virtual memory? virtual memory adalah suatu teknik yang memisahkan antara memory logis dan memory fisiknya. Teknik ini menyembunyikan aspek-aspek fisik memory dari pengguna dengan menjadikan memory sebagai lokasi alamat virtual berupa byte yang tidak terbatas dan menaruh beberapa bagian dari memory virtual yang berada di memory logis.

Atau lebih jelasnya ketika kita menjalankan suatu program yang banyak dan berat (editing Video, Photo, Program, dll) hal itu membutuhkan penggunaan RAM yang besar dan sering kali kita terima notification “Virtual Memory Low”, Itu artinya penggunaan RAM dan virtual memory kita sudah sampe pada batasnya.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menambah virtual memory . Virtual memory adalah memori tambahan yang dapat diambil dari ruang kosong (space) di hardisk anda. Windows menyediakan fasilitas ini untuk menunjang atau meningkatkan performa komputer anda.

Secara default windows mengalokasikan ruang kosong di hardisk anda sesuai dengan batas minimum, tetapi anda bisa melakukan pengaturan untuk memperbesar virtual memory tersebut secara manual. Virtual memory ini akan digunakan oleh Windows jika memori fisik ada telah terpakai penuh oleh aplikasi Windows.

Secara default Windows sudah mengatur penggunaan virtual memory pada masing-masing PC yang terinstall Windows, hanya saja besar virtual memory tersebut terlalu kecil untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat yang sangat banyak memakan kinerja memory.

Sebenarnya jika tahu seperti itu, lebih baik kita mengupgrade memory/RAM internal dengan ukuran yang lebih besar. Tapi dengan kita memperbesar virtual memorypun, hal itu cukup membantu kinerja Windows.

Berikut cara-caranya:

– Windows XP:

Klik kanan My ComputerProperties– Pilih tab Advance – Pilih Setting pada kolom Performance.

Akan muncul jendela Performance Option seperti di atas, kemudian pilih tab Advance lagi, lalu pilih Change pada kolom Virtual Memory.

Ubah ukuran Customs size pada Initial (sesuai ukuran RAM atau lebih besar sedikit) dan Maximum biasanya 2-3 x lipat ukuran RAM anda.

– Windows 7.

Buka Explorer, kemudian pilih System PropertiesAdvance System Settings – pilih tab AdvancedSettings – tab Advanced – pada pilihan Virtual Memory pilih Change dan ubah sizenya.

FYI: Cara memperbesar memory virtual pada Windows 7 hampir sama dengan Windows XP.

Semoga bermanfaat. 😀