Instagram sepertinya sangat populer dengan gadget Android, IPhone, IPad, untuk melakukan editing photo sehingga menghasilkan kualitas photo digital yang bagus dan berseni. Tapi apakah hanya untuk kalangan pengguna gadget saja yang dapat menggunakan aplikasi tersebut? Tentu tidak, anda bisa menggunakannya pada komputer. Berikut saya akan share aplikasi edit photo yang sangat mirip dengan instagram.

Seperti dengan namanya yaitu Instagram yang artinya Kata “insta” berasal dari kata “instan”, seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata “telegram”, dimana cara kerja telegram sendiri adalah untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Sama halnya dengan Instagram yang dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan internet, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat. Oleh karena itulah Instagram berasal dari instan-telegram.

Saat ini banyak aplikasi editing photo yang menawarkan kemudahan dalam melakukan editing photo serta menghasilkan editing yang maksimal dan sesuai selera anda. Tapi sedikit yang bisa menghasilkan editing photo layaknya instagram yang dapat menghasilkan photo yang berkualitas dengan instan dan cepat.

Langsung saja berikut adalah aplikasi Pixlr-o-matic untuk melakukan edit photo seperti instagram.

1. Untuk mengakses aplikasi ini ada 3 cara, yaitu melalui Internet, extension pada Browser, dan download aplikasi. Tergantung selera anda ingin pilih yang mana.

Noted: Sebelum mendownload dan menggunakan aplikasi ini terlebih dahulu install Adoba Air di sini

Fungsinya: Adobe ® AIR ® runtime memungkinkan pengembang untuk menggunakan aplikasi mandiri yang dibangun dengan HTML, JavaScript, ActionScript ®, Flex, Adobe Flash ® Profesional, dan Adobe Flash Builder ® di seluruh platform dan perangkat – termasuk Android ™, BlackBerry ®, perangkat IOS, komputer pribadi , dan televisi.

Berikut cara-caranya:

– Melalui internet anda bisa mengunjung alamat ini -> di sini
– Melalui extension , just for Google Chrome -> di sini
– Download langsung aplikasinya -> di sini

2. Cara menggunakannya juga cukup mudah kok, berikut tampilannya:
– Pilih “Select an image to begin” pilih photo yang ingin anda edit.
– Tentukan efek yang ingin anda suka, ada tiga langkah dalam mengedit photo ini, pertama menambahkan Efek, Overlays, dan Borders.

– Setelah itu save dan lihat hasilnya.

Contoh hasil editing:

Semoga bermanfaat. 😀