Ketika anda membuka website atau alamat url anda pasti sering kali mengetikkan pada browser hanya alamatnya saja, tanpa menggunakan www, seperti google.co.id, asus87.com :p , facebook.com, dll, dan alamat yang kita request tersebut pasti langsung terbuka ke halaman aslinya.

Dan ketika kita mengetikkan alamat menggunakan www, hasilnya sama saja, terus bagaimana bisa begitu? Berikut akan saya coba jelaskan menurut sepengetahuan saya.

Fungsi www:
Fungsi www adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. www diciptakan dengan tujuan untuk menyediakan suatu bentuk penyediaan informasi di internet yang menungkinkan pemakai intenet mendapatkan dan menampilan informasi di mana saja di internet secara mudah dan cepat.

Dalam dunia hosting dan domain, sebenarnya sudah diatur dalam pengaturan di domain yang ada bahwa secara defaultnya jika kita mengetikkan alamat dengan atau tanpa www, maka otomatis kita akan didirect langsung ke alamat yang dituju. detik.com -> www.detik.com. Dalam arti domain tersebut mengarah ke hosting yang bersangkutan, agar dengan mudah user bisa mengakses halaman yang ingin dituju.

Tapi sebenarnya bisa kita ubah jika kita ingin mengubahnya. Misal kalau ada suatu kasus seperti website perusahaan/instasi pemerintahan/atau website penting lainnya dihack oleh orang sehingga file-file di server hosting tersebut dihapus atau diedit oleh hacker tersebut. Untuk menjaga privacy bagi para pengunjung website tersebut biasanya perusahaan akan mendirect alamat yang dihack tersebut ke alamat yang berbeda/website lainnya agar website yang dihack tersebut tidak terlihat oleh pengunjung dan tidak mengganggu pelayanan.

Untuk memahami deskripsinya coba anda trace suatu alamat website untuk mengetahui cara kerjanya:

Misal kita coba trace alamat asus87.com dengan menggunakan DNS Google untuk memastikan IP-nya.

Maka didapat alamat IP public di atas.

Jika kita ingin mendirect ke alamat lain anda dapat mengubahnya dengan cara:

Untuk alamat bisa anda isikan alamat IP Public atau alamat URL yang dituju.

Jadi jika pengunjung mengunjungi alamat asus87.com maka akan diforward ke alamat IP 202.171.1.10 atau URL lain yang telah anda masukkan.
Untuk memastikannya setelah anda forward cobalah anda nslookup domain anda, anda akan melihat alamat IP domain anda sudah berubah dengan alamat IP yang lain.

Dalam case di atas sebenarnya kita bisa mengarahkan domain dengan atau tanpa www diarahkan masing-masing menuju ke alamat tertentu. Jadi saat user membuka www.asus87.com dan asus87.com akan masuk ke halaman yang berbeda.

Semoga bermanfaat. 🙂