Jika anda termasuk seorang pekerja yang selalu dituntut up to date dan respon dengan informasi pekerjaan dimana saja, tentunya anda harus sedia dan siap menjalaninya. Seperti pada saat anda di jalan, di rumah, atau dimanapun, anda tentu harus selalu siap untuk menerima informasi baru yang berhubungan dengan pekerjaan anda.

Informasi up to date perusahaan biasanya datang dari email, dari emaillah kita bisa mengetahui informasi-informasi yang berhubungan dengan pekerjaan. Untuk email mungkin pada saat kerja kita bisa membacanya di kantor, tapi ketika di rumah atau mobile, tentunya anda harus mengintegrasikan email anda menjadi email client ke handphone, gadget, notebook, atau komputer anda di rumah agar dapat berkomunikasi lewat email.

Nah misalnya di rumah anda menggunakan provider/operator yang berbeda bagaimana caranya anda mengirimkan email dari email client anda, padahal anda harus membalas saat itu juga, karena itu email dari client/relasi anda, di sini tentunya anda harus mengubah settingan SMTP pada email client sesuai dengan provider yang anda gunakan agar dapat membalas email yang ditujukan untuk anda, untuk POP biasanya tidak perlu diubah, karena biasanya perusahaan mengallow POP pada email server mereka masing-masing agar bisa menerima email darimana saja.

Berikut ini adalah list alamat SMTP untuk melakukan pengiriman email pada tiap-tiap provider: 

♦ Untuk ISP (Internet Service Provider)

First Media
mail.fast.net.id

Biznet
smtp.biz.net.id

Speedy
smtp.telkom.net
smtp.telkomnet.com

Lintasarta
smtp.idola.net.id

NTT
smtp.ntt.net.id

CBN
smtp.cbn.net.id

♦ Untuk Operator GSM

Telkomsel & Telkomflash
mail.telkomsel.com
mail.telkomflash.com

XL
xlsmtp.xl.net.id
smtp.xl.net.id

Indosat
smtp.indosat.net.id
smtp.indosat-m3.net
mail.indosat-m3.net
jktmail2.indosat-m3.net
| port 25

Three/3
smtp.three.co.id
mail.three.co.id
| port 25

Axis
mail.axisworld.co.id | port 25

♦ Untuk Operator CDMA

Flexi
smtp.telkom.net.id

Fren
mail.mobile-8.com

Smart
smtp.smart.co.id | port 25 atau port 578

Starone
smtp.mystarone.com

AHA Esia
smtp.aha.co.id

Anda hanya perlu mengubah settingan SMTP pada email client anda dengan settingan SMTP untuk provider anda yang terdaftar di atas. Semoga bermanfaat. :)