Mungkin banyak dari anda yang mempunyai printer deksjet pribadi, tapi pada saat anda ingin mencetak pas photo ukuran 2×3, 3×4, atau 4×6, anda tidak tahu caranya, sehingga anda memilih cetak photo di tempat digital studio. Sebenarnya banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mencetak ukuran pas photo, seperti menggunakan Photoscape, Photoshop, dan aplikasi lainnya, namun mungkin anda tidak mau repot karena anda harus melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu agar photo tersebut sesuai dengan yang anda inginkan.

Pada bahasan kali ini saya ingin sharing aplikasi pencetak pas photo buatan anak negeri sendiri bernama ACEF, aplikasi ini mudah untuk digunakan dan bersifat portable, sehingga bisa anda bawa dan anda gunakan dimana saja.

Cara penggunannya adalah sebagai berikut:

1. Download ACEF di sini
2. Aplikasi ini membutuhkan Net Framework agar dapat berjalan dengan baik. Biasanya bagi anda pengguna Windows License, pada saat melakukan update, otomatis Net Framework sudah ada pada Sistem Operasi anda. Tapi jika anda tidak bisa menjalankan aplikasi tersebut karena masalah Net Framework, anda bisa download Net Framework dulu.

3. Setelah selesai download, extract dan jalankan.

4. Maka akan keluar tampilan seperti di bawah ini:

Program ini dapat mencetak pas photo ukuran 2×3, 3×4, 4×6, 3R, dan 4R.

5. Di sini anda tinggal membuka file yang ingin anda cetak, lalu anda pilih ukurannya, kertas yang anda gunakan (Default A4), kemudian cetak melalui printer anda.

Semoga bermanfaat. :)