Ketika anda berphoto-photo ria menggunakan kamera DSLR atau kamera digital, pasti pada saat dipindahkan ke komputer, file photo tersebut berukuran besar, sehingga menyulitkan anda ketika anda ingin sharing photo tersebut lewat Website, Blog, Facebook, dll, karena file tersebut sangat besar sehingga lama pada saat melakukan upload.

Pada bahasan kali ini saya ingin membahas tentang software pada Linux Ubuntu untuk melakukan convert dan resize file berformat image/gambar dengan menggunakan Converseen. Sehingga file gambar yang berukuran besar bisa berubah menjadi kecil dan berformat sesuai keinginan anda. Di sini penulis menggunakan OS Linux Ubuntu 10.04 Lucid Lynx.

Berikut cara-caranya:

1. Buka terminal, Applications – Accessories – Terminal

2. Ketikan perintah di bawah ini:

  • sudo add-apt-repository ppa:samrog131/ppa
  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get install converseen

3. Tunggu sampai proses selesai dan jalankan converseen, Applications – Accessories – Converseen

Berikut tampilannya:

Tampilan Converseen di sini hampir sama dengan program konversi di Windows bernama Imgares, kelebihan Converseen yaitu mampu melakukan konversi banyak format gambar dan menyimpannya dalam berbagai format, seperti JPG, JPEG, PDF, PNG, TIFF, ICO, JNG, GRB, MAP, dll, melakukan format gambar sekaligus lewat folder, kemudian anda juga bisa mengatur kualitas format gambar yang diinginkan.

Penggunaanya cukup mudah, di sini anda bisa memilih beberapa gambar atau bahkan folder yang berisi gambar, kemudian anda ubah dimensi pixel atau persen width dan height pada gambar tersebut, kemudian pilih Check All, lalu pilih Convert.

File hasil konversi tersebut secara default tersimpan pada folder /home pada komputer anda.

Semoga bermanfaat. 🙂