Penggunaan password user untuk mengakses halaman login alamat website adalah cara aman dan membagi privasi setiap user dalam melakukan sebuah aktifitas pada dunia internet. Seperti email, chating, jejaring sosial (facebook, twitter, koprol, dll), I-banking, e-commerce, forum, blog, dan lain-lain.

Hanya saja saat ini banyak bertebaran program-program jahat yang dapat mencuri data password user, seperti spyware (program mata-mata yang selalu mengawasi pada saat anda browsing), keyloger (program perekam yang ditanamkan pada komputer, untuk merekam semua aktivitas user lewat ketikkan keyboard).

Jelas saja hal ini sangat menggangu ketika anda melakukan browsing di tempat lain, seperti warnet, kantor, dan pc yang tidak memiliki keamanan seperti anti spyware, antivirus internet security, dll. Karena dapat mencuri data, seperti password anda.

Cara yang aman ketika anda browsing pada komputer yang bukan milik anda, seperti memeriksa startup pada Windows, untuk melihat program apa saja yang sedang berjalan dibelakang layar, jika ada program mencurigakan, seperti keyloger, anda uninstall saja atau anda end process melalui task manager, biasanya hal ini sering dijumpai di warnet.

Menggunakan screen keyboard untuk mengetikkan username dan password, mengaktifkan private browsing pada browser anda (CTRL + SHIFT + P), hanya untuk Mozila Firefox, dan jangan lupa untuk menghapus semua aktivitas/history, cookies pada browser yang anda pakai.

Dan hal lain untuk menanggulangi masalah pencurian data, anda dapat menggunakan add ons atau extension Last Pass dari https://lastpass.com/, extension ini dapat berjalan pada hampir semua browser, seperti Google Chrome, Mozila Firefox, Opera, Safari, dll, dan dapat berjalan juga pada ponsel seperti Android, IPhone, Black Berry, dll. Penulis menggunakan browser Google Chrome untuk penggunaan extension ini, tentunya anda bisa menggunakan browser lain.

Cara kerja extension ini yaitu sebagai database untuk menyimpan username dan password anda ketika anda sedang login pada alamat website. Dan database tersebut aman disimpan pada cloud dari Last Pass.

Cara menggunakan extension ini yaitu:

1. Download extension Last Pass di sini (khusus pengguna Google Chrome)

Untuk browser lain

2. Install dan coba anda jalankan dengan melakukan create account terlebih dahulu, dan lakukan konfirmasi melalui alamat email anda

3. Setelah selesai, coba anda login pada alamat website yang anda inginkan, ex: facebook.com

4. Setelah anda selesai login, maka akan ada pesan dari Last Pass yang meminta anda untuk konfirmasi save password, di sini anda pilih Save

5. Setelah login, anda coba logout, maka secara otomatis username dan password anda sudah ada pada halaman login facebook, di sini anda tingal memilih login untuk masuk ke halaman anda. Dan begitu seterusnya, sehingga anda tidak perlu mengetikkan username dan password lagi untuk login pada alamat website yang sama.

Anda dapat memilih pengaturan pada saat login, seperti auto login jika anda ingin langsung login, dan auto fill jika anda mempunyai lebih dari satu username pada halaman yang sama.

Pengaturan lain anda dapat gunakan pada dengan memilih icon toolbar pada pojok kanan atas browser anda, di sini anda dapat memilih beberapa menu yang mengarahkan anda ke halaman pengaturan Last Pass

Anda juga dapat melakukan beberapa pengaturan pada halaman Last Pass, seperti  manage website yang telah disimpan oleh Last Pass, menambah website yang ingin anda masukkan ke daftar, import database Last Pass khusus untuk Firefox portable, export database, merubah password, meningkatkan security, memblok website yang tidak boleh anda simpan pada database Last Pass, dll

Keuntungan menggunakan Last Pass menurut saya:

  • Login aman pada setiap alamat website, dengan komputer yang berbeda.
  • Efektif, anda tidak perlu menghafal puluhan username dan password anda, anda hanya perlu menghafal username dan password Last Pass (Utamakan password adalah kombinasi huruf, angka, dan karakter, contoh: ?*1n1-p4ssw0rd_9w!!. Saat mengetikkan password Last Pass pada komputer lain, saya sarankan menggunakan screen keyboard.
  • Kerahasiaan data terjamin, karena itu merupakan jaminan dari Last Pass untuk menyimpan semua privasi anda. Dan penyimpanan menggunakan teknologi Cloud dengan menggunakan enkripsi yang rumit.

Semoga bermanfaat. 🙂