Biasanya saat anda membeli komputer atau laptop baru, untuk teknologi sekarang ini, ada beberapa pilihan, apakah anda ingin menggunakan processor 32 bit atau 64 bit? Apakah anda ingin menggunakan Sistem Operasi 32 bit atau 64 bit?, sebenarnya apa perbedaan keduanya?

Di sini saya akan sedikit menjelaskan tentang perbedaan sistem 32 bit dan 64 bit untuk processor dan Sistem Operasi. Istilah 32 bit dan 64 bit mengacu pada cara komputer prosesor (CPU) dalam menangani suatu proses yang terjadi saat pemakaian komputer. CPU dengan kemampuan 64 bit lebih responsif, stabil, cepat dalam melakukan berbagai proses secara bersamaan dibandingan dengan CPU dengan kemampuan 32 bit.

Sama halnya seperti Sistem Operasi Windows dengan kemampuan 64 bit, Windows 64 bit mampu beroperasi lebih efektif dibanding dengan Windows 32 bit, karena bekerja di atas processor dengan kemampuan 64 bit, sehingga lebih responsif saat menjalankan beberapa program pada saat yang sama, dapat menggunakan memory RAM di atas 4 GB. dan kelebihan lainnya.

Dalam hal keamanan Windows 64 bit juga lebih baik, karena Windows 64 bit didukung oleh fitur-fitur keamanan sebagai berikut:

Fitur keamanan Windows 64 bit

  • Kernel Patch Protection
  • Dukungan untuk perangkat keras yang didukung Hardware berbasis DEP (Data Execution Protection)
  • Sertifikat atau penandatanganan untuk driver
  • Penghapusan dukungan untuk driver 32 bit
  • Penghapusan subsistem 16 bit

Dan sedikit aplikasi/programs Windows 32 bit dapat dijalankan pada Windows 64 bit. Dan juga virus yang biasa menyerang Windows 32 bit, tidak bisa menyerang Windows dengan system 64 bit. Untuk mengetahui apakah Sistem Operasi yang anda pakai menggunakan Windows 32 bit dan 64 bit anda dapat mengeceknya dengan cara berikut:

Untuk mengetahui Windows 32 bit atau 64 bit

    Windows 7 atau Windows Vista

  • Buka System dengan mengklik tombol Start , Klik kanan Computer – Properties. Pada System Information, di bawah System, Anda dapat melihat System Type yang digunakan. apakah 32 bit atau 64 bit
  • Windows XP

  • Klik Start, Klik kanan My Computer – Properties. Pada tab General ada tulisan pada system Microsoft Windows XP Professional x64 Edition, jika tidak ada tulisan “x64 Edition”, artinya anda menggunakan Windows XP 32 bit

Pilihan antara 32 bit atau 64 bit?

Untuk pilihan itu tergantung kebutuhan anda, untuk pemakaian biasa saja dan tidak terlalu expert saya sarankan anda menggunakan Windows 32 bit, karena dukungan untuk aplikasi, programs, games, yang tersedia sangat banyak. Tapi untuk anda yang bekerja dan beraktivitas dengan resources yang tinggi seperti editing video, design grafis, dan games yang membutuhkan RAM yang besar, pilihan 64 bit baik untuk anda, tapi anda harus mencari aplikasi dan programs yang mendukung system 64 bit.

Dan anda tidak perlu takut jika anda terlanjur membeli komputer dengan kemampuan system 64 bit, karena processor 64 bit mampu menjalankan Sistem Operasi 32 bit, tapi tidak berlaku sebaliknya. :)

Untuk mengetahui processor 32 bit atau 64 bit

    Windows 7 dan Vista

  • Buka Performance Information and Tools dengan mengklik tombol Start – Control Panel – System and Maintenance – Performance Information and Tools, kemudian pilih View and print details.
  • Pada bagian System, Anda dapat melihat jenis system operasi yang anda gunakan pada System Type. kemudian di bawah tulisan 64-bit capable, Anda dapat melihat apakah Anda dapat menjalankan versi 64 bit Windows. (Jika komputer anda sudah menjalankan versi 64 bit Windows, Anda tidak akan melihat tulisan 64-bit capable.)

Sekian dan semoga bermanfaat. :)