Cache adalah tempat untuk menyimpan data sementara dari aktifitas-aktifitas ketika browsing di internet, misalnya ketika kita membuka halaman website dari url www.google.com, maka browser akan menyimpan halaman tersebut untuk sementara di dalam cache komputer. Dan ketika anda kembali membuka alamat itu browser akan memberikan data yang ada pada cahe tersebut.

Cache tersebut bukan halaman penuh pada konten website, tetapi seperti gambar, flash, dan konten-konten yang ada pada website. Nah pada Google Chrome semua aktivitas browsing yang pernah kita kunjungi biasanya tersimpan dalam cache komputer, tetapi cahe yang disediakan juga terbatas, sehingga membuat gambar, konten, dan data-data tidak semua tersimpan di dalam cache.

Apabila anda mempunyai kapasitas harddisk yang besar, coba anda tambah ukuran cache pada Google Chrome, karena cache yang lebih besar membuat lebih banyak data yang dapat diambil dengan lebih cepat, browsing lebih cepat :-D, namun lebih banyak ruang harddisk yang digunakan.

Secara default letak cache Google Chrome terletak di C:\Documents and Settings\ASUS\Local Settings\Application Data\Google\Chrome\User Data\Default\Cache, apabila anda ingin membuat ruang cache baru dan menentukan kapasitas cache pada partisi harddisk anda, berikut caranya:

1. Klik kanan pada shortcut Google Chrome anda, pilih Properties dan lihat pada Target pada tab Shorcut, di situ adalah lokasi aplikasi Google Chrome anda.

2. Kemudian tambahkan perintah ini

    “Lokasi Google Chrome” ––disk-cache-dir=“Lokasi Cache” ––disk-cache-size=Kapasitas Cache

Maksudnya:

Lokasi Google Chrome: “C:\Program Files\Google\Chrome\Application\chrome.exe”
Lokasi Cache: Tempat cache baru yang anda buat sendiri, misalnya: “C:\Cache Google Chrome”
Kapasitas Cache: Besarnya kapasitas folder cache, misalnya: 200 Mb = 200000 Kb

Di sini semakin besar kapasitas cache maka semakin banyak konten dari website yang tersimpan, jadi apabila anda membukanya kembali, prosesnya akan lebih  cepat.

Sehingga menjadi:

    “C:\Program Files\Google\Chrome\Application\chrome.exe” ––disk-cache-dir=”C:\Cache Google Chrome” ––disk-cache-size=200000

3. Kemudian restart Google Chrome anda dan buka kembali, lalu cobalah anda browsing kembali dan rasakan bedanya. :)