Tulisan ini hanya sekedar sharing kepada para pembaca dan tentunya penulis berharap jangan digunakan untuk hal-hal yang jahat dan merugikan orang lain. Apabila sebelumnya anda sudah mengenal aplikasi Netcut dan Tuxcut anda bisa membaca artikel saya yang lain di blog ini..hehe, tapi jika belum mari lanjutkan membaca. 8-)

Netcut dan Tuxcut? Sekilas hanya namanya saja yang tidak sama, namun sebenarnya fungsi dari aplikasi ini sama saja, yaitu untuk memotong koneksi jaringan yang berada pada suatu LAN, aplikasi ini berguna ketika anda terhubung ke suatu LAN dan anda ingin memanfaatkan LAN tersebut untuk kepentingan anda sendiri dengan memotong koneksi orang lain dengan menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini sangat berguna apabila dalam suatu jaringan LAN (Kabel atau Wireless) yang terhubung internet dimana bandwithnya tidak dimanajemen ada seseorang yang seenaknya menggunakan bandwith untuk mendownload file yang besar dengan Download Accelerator atau Internet Download Manager, sehingga orang lain tidak dapat menggunakan internet karena bandwith yang disediakan dipakai oleh orang yang mendownload tersebut. Hal ini tentunya mengecewakan, niatnya browsing tetapi malah terganggu.

Perbedaan Netcut dan Tuxcut hanya pada penggunaan pada Sistem Operasinya saja, Netcut dapat berjalan di Windows dan Tuxcut dapat berjalan di Linux.

Penggunaan kedua aplikasi ini yaitu:

1. Netcut

• Download Netcut 3.0 terlebih dahulu di sini

• Extract dan install ke system Windows anda, pada saat install juga anda diminta install WinPcap 3.1 untuk Windows XP, ikuti saja langkah-langkahnya. Setelah selesai restart komputer anda

• Jalankan Netcut, Start – All Programs – Netcut – Netcut

• Pilih Scan Net untuk melihat daftar alamat IP yang ada pada LAN anda

• Setelah tampil daftar IP, anda bisa memotong koneksi IP yang anda inginkan yang ada pada daftar dengan cara memilih Cut Off, maka user yang bersangkutan akan terputus koneksinya, untuk mengaktifkannya kembali, anda pilih Resume

Sayangnya di sini anda tidak tahu user mana yang memiliki alamat IP yang ada pada daftar, anda bisa mencobanya satu persatu, user mana yang panik dialah yeng terkena serangan anda. :)

    Note:
    Agar Netcut dapat berjalan pada Windows Vista dan Windows 7 yang masih 32 bit anda dapat mengupdate WinPcap versi sebelumnya ke versi WinPcap 4.1

2. Tuxcut

Untuk menjalankan program ini penulis mencobanya pada Sistem Operasi Linux Ubuntu 10.04, apabila anda menggunakan distro Linux lain caranya sama saja, hanya format perintahnya saja yang beda. Sebelum installasi TuxCut, anda harus download dan installasi arp-scan, dsniff dan arp-tables.

Berikut cara-caranya:

• Buka terminal, Applications – Accessories – Terminal, dan ketikkan perintah pada terminal

    sudo apt-get arp-scan
    sudo apt-get install dsniff

• Kemudian download arp-tables terbaru di http://sourceforge.net/projects/ebtables/files/arptables/

• Setelah selesai, install arp-table dengan cara mengetikkan pada terminal

    tar zxf arptables-v0.0.3-3.tar.gz
    cd arptables-v0.0.3-3
    make && make install

• Kemudian install Tuxcut 3.2

    sudo dpkg -i TuxCut-3.2_all.deb

Apabila dalam installasi Tuxcut terdapat pesan error, anda bisa mencoba perintah berikut:

    apt-get install -f

• Dan Tuxcut bisa anda jalankan pada Application – Accessories – TuxCut

• Caranya hampir sama dengan Netcut, anda tinggal melihat daftar IP yang ada pada LAN, kemudian pilih Cut pada alamat IP yang ingin anda potong koneksinya. Untuk mengaktifkannya kembali, anda pilih Resume

Kemudian untuk melakukan proteksi dari serangan Tuxcut, anda check pilihan checkbox Protect Me

Download Netcut di sini
Password: asus87.com