Tulisan kali ini saya ingin memberikan penjelasan bagaimana cara kerja Internet yang ada di rumah, warnet, sekolah, kantor, dan tempat lain dalam mengakses situs-situs yang ada pada pada jaringan internet di seluruh dunia. Mungkin setiap anda browsing, anda menemukan beberapa situs yang tidak bisa dikunjungi karena telah diblokir oleh kantor, ISP, atau tempat yang anda pakai untuk browsing.

Di sinilah saya coba menjelaskan cara kerja dari internet itu sendiri. Dalam berinternet pasti membutuhkan 2 hal penting untuk berkomunikasi dengan jaringan internet lainnya.

1. Yang pertama yaitu DNS server, yang berfungsi sebagai penerjemah nama situs yang kita ketik ke alamat IP address yang menunjukkan lokasi situs tersebut, DNS server itulah yang menjadi penerjemah situs-situs yang anda kunjungi dalam mengakses internet. untuk lebih jelasnya silahkan baca tentang Domain Name System (DNS) di sini.

2. Yang kedua yaitu Proxy server, yang bertugas sebagai perantara dalam mengakses internet, dengan proxy server semua website yang anda request akan disampaikan oleh proxy sever ke alamat server yang ingin anda tuju. Untuk lebih jelasnya silahkan baca konsep dan cara kerja proxy di sini

Lalu di sinilah peran proxy server yang ada di ISP, dengan proxy kita bisa mengakses situs-situs di internet, seperti yang sudah saya jelasakan di atas. Tiap-tiap halaman yang ingin anda buka akan difilter terlebih dahulu, itu jika setiap proxy menerapkan beberapa peraturan seperti blokir situs por*o, judi, sara, pishing, dll, jika tidak maka anda akan dengan bebas mengunjungi situs-situs yang ada di seluruh dunia dengan leluasa.

Saat ini di wilayah Asia, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Filiphina sudah menerapkan kebijakan bahwa situs-situs yang mengandung unsur por*o, judi, sara, pishing telah diblokir oleh masing-masing ISP. Cara ini sangat baik untuk melindungi masyarakat Indonesia dari bahaya konten por*o dan konten bahaya lainnya.

Sayangnya proxy server di ISP belum sepenuhnya update untuk menerapkan kebijakan pemblokiran situs-situs terlarang, por*o misalnya, karena setiap hari selalu saja konten-konten por*o bermunculan di internet. Kesadaran masing-masing yang mungkin bisa meminimalisir penyebaran konten por*o di internet. :)

Cara minimalisir secara update bisa dilakukan di lingkungan-lingkungan kecil terlebih dahulu, seperti rumah, warnet, sekolahan, kantor, dll. Seperti pada perusahaan misalnya, yang menerapkan kebijakan menggunakan internet dengan proxy yang sudah diatur sedemikian ketat, karena tidak hanya konten-konten por*o yang diblok, tetapi situs jejaring sosial (Facebook, Twitter, Friendster, Koprol, dll), situs yang memakan bandwith besar (Youtube, 4shared, Rapidshare, dan situs download lainnya), dan situs-situs yang mungkin membuat pekerjaan terhambat…hehe.

Yang namanya security pasti ada yang namanya suatu celah, karena di dunia ini tidak ada security yang benar-benar 100% aman. :D , seperti proxy di sini yang cara kerjanya memblokir situs-situs yang tidak diinginkan, karena situs-situs tersebut sudah terdaftar pada Access List database untuk situs-situs yang diblok

Untuk melewati situs-situs yang diblok proxy perusahan atau proxy ISP anda, coba gunakan situs-situs yang menyediakan Anonymous Web Proxy, cara kerja situs ini yaitu sama dengan proxy, yaitu sebagai perantara untuk mengakses konten-konten yang diblok oleh ISP.

Lain lagi ceritanya bila alamat anonymous web proxy tersebut diblok juga oleh ISP atau perusahaan anda, tentu anda tidak bisa memanfaatkan cara ini. :)

Berikut adalah list-list dari alamat anonymous web proxy


www.ninjacloak.com
www.proxysimple.info
www.bypassthat.com

dan untuk alamat lain bisa anda dapatkan di www.proxy4free.com

Cara menggunakannya cukup mudah, anda tinggal mengunjungi alamat anonymous proxy tersebut dan mengetikkan alamat yang ingin anda kunjungi dan anda tinggal browsing sepuasnya di situ.

Dengan menggunakan anonymous proxy tersebut browsing anda mungkin agak berat, karena proses yang dijalankan lebih banyak daripada browsing biasa, karena anda browsing menggunakan alamat yang tidak tahu ada dimana servernya (anonymous proxy), kemudian pada anonymous proxy anda menuju alamat yang diinginkan (situs yang diblok oleh ISP).

Di sini saya berharap pembaca bisa menggunakan anonymous proxy ini dengan tujuan yang baik, karena di sini saya sekedar sharing karena di kantor tempat saya bekerja juga beberapa situs diblokir, bahkan situs favorite saya Kaskus juga diblokir :( , karena beban dari proxy server kalau kaskus ini banyak user yang mengakses pada saat jam kerja. Karena itulah saya menggunakan anonymous proxy agar saya bisa mengakses Kaskus. :)

Cara lain yaitu dengan menggunakan alamat proxy server lain, cara ini hanya bisa bekerja apabila kita langsung terhubung dengan ISP. misal untuk pemakaian sendiri dan tempat-tempat yang tidak menggunakan proxy server sebagai perantara ke ISP, karena biasanya perusahaan hanya menghubungkan para komputer client/user dengan proxy server perusahaan tersebut.

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat. :)