Menjaga itu lebih penting daripada mengobati, terkadang itulah yang disarankan oleh setiap orang. Seperti pada komputer, komponen utama yang penting bagi pengguna yaitu media penyimpanan/harddisk. Karena itu adalah data-data yang mungkin nilainya tak tergantikan dengan harga harddisk, atau bahkan komputer atau laptop yang anda miliki.

Mungkin sering anda membeli harddisk dengan garansi yang lama atau bahkan lifetime (harddisk mana tuh? :p), yang menjamin harrdisk anda di cover selama waktu yang ditentukan oleh produsen. Garansi hanya menggantikan harrdisk, bukan data anda. Bagaimana jika harddisk/harddisk yang anda gunakan rusak/mati/terbakar, dll, lalu siapa yang menggantikan data anda yang hilang? 😀

Permasalahan harrdisk yang sering terjadi pada pengguna komputer tentu menjadi pilihan untuk anda agar berjaga-jaga dalam memilih harddisk sebagai harddisk anda, ketika anda sudah memiliki harrdisk lebih baik anda waspada terhadap suara-suara aneh yang ditimbulkan ketika harddisk anda beroperasi.

Karena lewat suaralah harddisk tersebut menandakan kondisinya sedang dalam masalah atau bahkan tidak dapat beroperasi lebih lama lagi, sehingga anda dapat berjaga-jaga seperti membackup data-data penting dari harddisk anda secara berkala, jadi ketika harddisk anda sudah tidak dapat beroperasi lagi anda tidak terlalu panik atau meneriaki data-data anda.

Suara harddisk juga dijadikan oleh Data Center sebagai acuan untuk mengganti harddisk yang mereka miliki, sehinggga meminimalisir kehilangan data-data milik costumer. Cukup mendengar suara yang keluar dari harddisk, bisa menentukan seberapa parah kondisi harddisk. Bila anda memiliki harddisk seperti itu, sebaiknya anda langsung membackup data-data anda:

Untuk suara-suara harrdisk saya tidak bisa menampilkan di sini, anda bisa mengunjungi website www.datacent.com/hard_drive_sounds.php untuk mendengar dan mendapatkan informasi tentang suara-suara harrdisk yang akan rusak.

Semoga bermanfaat 🙂