Banyak antivirus-antivirus di internet yang menawarkan berbagai macam tingkat proteksi yang mengedepankan keamanan dari berbagai macam gangguan seperti virus, trojan, spyware, worm, dll untuk Sistem Operasi anda, terutama untuk keluarga besar Windows yang sebagian besar banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia.

Sebelum anda menentukan dan memastikan bahwa antivirus yang anda pakai bagus, sebaiknya anda mengetes kemampuan antivirus anda, apakah sesuai dengan standar dari berbagai antivirus yang ada. Karena banyak produk-produk antivirus palsu yang bertebaran di internet yang mungkin anda mendownload, lalu menggunakan antivirus tersebut tanpa anda mengetahui standarisasi kemampuan antivirus tersebut. 🙂


Cara ini dilakukan oleh Eropa Institute for Computer Antivirus Research (EICAR) yang merupakan badan standarisasi IT security untuk produk antivirus, apakah antivirus yang ada layak beredar dan digunakan oleh para user.

Cara mengecek apakah antivirus anda sesuai dengan standarisasi adalah sebagai berikut:

• Buka notepad dan copy kode di bawah ini

    X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

• Save dengan ekstensi .com, .exe, .zip atau apa saja. Misal test.exe
• Pilih Save as type: All Files, kemudian Save


• Apabila sudah, maka antivirus anda akan muncul pesan peringatan dan otomatis mengenali file tersebut sebagai virus, seperti pada NOD 32 yang saya coba di sini.

    Kode tersebut adalah kode ASCII yang berfungsi seolah-olah seperti virus untuk menguji standarisasi produk antivirus, dalam keadaan normal PC tanpa antivirus apabila file tersebut dijalankan maka akan tampil tampilan “EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!”

• Cara lain yaitu dengan mengunjungi situs EICAR di http://www.eicar.org/anti_virus_test_file.htm

• Pada halaman tersebut pada bagian bawah terdapat link download berbagai macam jenis file untuk melakukan pengujian terhadap antivirus.  Anda bisa mendownload file-file tersebut untuk mencoba antivirus anda.

• Dalam keadaan antivirus aktif seharusnya file-file yang ada di atas semua akan terdeteksi sebagai virus oleh antivirus. Apabila antivirus anda tidak mengenali file tersebut, coba anda update terlebih dahulu antivirus anda atau ganti antivirus anda dengan antivirus yang memiliki standarisasi.

Untuk keamanan Sistem Operasi anda, andalah yang menentukan. 😈