Pada bahasan kali ini saya akan membahas salah satu aplikasi Open Source, yaitu penggunaan email client pada sistem operasi Linux Ubuntu. Pada sistem operasi Windows mungkin anda sudah kenal dengan aplikasi untuk email client seperti Windows Mail, Microsoft Outlook dan Outlook Express.

Pada Linux Ubuntu, email client dapat dijalankan dengan menggunakan aplikasi email client bernama Mozilla Thunder Bird. aplikasi dari www.mozillamessaging.com ini bersifat Open Source, dapat digunakan di Windows dan di Linux, selain itu aplikasi ini mudah didapatkan dan digunakan.

Penjelasan Email Client:

Sebelum membahas tentang penggunaan Thunderbird saya akan menjelaskan sedikit tentang email client itu sendiri. Email client adalah aplikasi yang digunakan pada komputer untuk mengelola email tanpa harus melakukan login ke alamat email, cukup dengan menjalankan aplikasi email client, secara otomatis email pada server akan terdownload ke komputer.

Aplikasi email client memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

  1. Dapat menghemat waktu anda dalam mengakses email. Karena tidak diperlukan lagi waktu untuk mengakses halaman web dan melakukan login.
  2. Dapat menghemat biaya jika anda menggunakan koneksi internet yang tidak 24 jam, seperti
    TelkomNet Instan, Handphone, atau dengan Modem Dial Up. Karena aplikasi email client akan mendowload semua email yang baru kedalam komputer lokal dan menyimpannya. Setelah selesai mendowload, anda dapat memutuskan koneksi dan membaca email secara offline.
  3. Dapat menyimpanan semua email ke Komputer, sehingga dapat menjadi backup dan data yang dapat anda bawa kemana-mana tanpa harus login lagi ke mailbox.
  4. Dapat mengelola beberapa account sekaligus.
  5. Keamanan spam yang lebih baik apabila anda melakukan update aplikasi email client secara berkala.

Penggunaan Thunderbird:

Cara menggunakan Thuderbird email client ini terlebih dahulu anda harus memforward alamat POP/IMAP dan SMTP pada email server yang yang digunakan, seperti Gmail, Yahoo, Hotmail, AT&T, dll, ke aplikasi email client yang digunakan. Karena dengan protokol itulah email client dapat terhubung dengan email server.

Untuk lebih jelasnya, berikut saya akan memforward Gmail ke Thunderbird, langkah-langkahnya yaitu:

1. Buka gmail.com kemudian masukkan username dan password, setelah tampilan email terbuka pilih Settings – Forwarding and POP/IMAP, kemudian pilih pengaturan sesuai dengan gambar di bawah ini.

Setelah selesai pilih Save Changes

2. Install Thunderbird dengan mengetikkan perintah pada terminal:

    sudo apt-get install thunderbird

3. Setelah selesai installasi buka Mozilla Thunderbird, Applications – Internet – Mozilla Thunderbird, kemudian pilih Create New Account, kemudian isi nama, username, dan password

4. Tunggu sampai Thunderbird memverifikasi account anda, setelah sukses maka akan keluar tampilan seperti di bawah ini

5. Buka mailbox anda, dan anda tinggal menunggu sampai Thunderbird memforward email-email yang ada dalam inbox anda. 🙂

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat. 🙂