Ingin mengetahui berapa banyak pengunjung yang mengakses website atau blog anda? untuk apa seh? hmmm…banyak sekali, dengan mengetahui jumlah pengunjung website kita, kita jadi tahu berapa besar dan tinggi rating dari website kita sendiri, sehingga itu memacu kreatifitas kita untuk menaikkan rating dari website/blog yang kita buat.

Banyak cara untuk mengetahui bagaimana menampikan data pengunjung pada website atau blog yang kita buat. Seperti yang akan saya bahas kali ini yaitu cara untuk menampilkan status pengunjung yang online, jumlah pengunjung, dari negara dan daerah mana pengunjung yang datang dengan menggunakan Widgeo.


Widgeo ini bisa didapat dari http://www.widgeo.net

Langkah-langkah untuk pemakaian Widgeo ini adalah sebagai berikut:

1. Buka alamat http://www.widgeo.net

2. Pilih tampilan counter widgeo yang anda inginkan, (tampilan counter widgeo di sini ada yang hanya menampilkan negara saja, dan ada yang menampikan kota dari negara), jika anda ingin memakai tampilan kota dari negara anda tinggal memilih counter yang terdapat bendera negara yang sama, karena itu melambangkan kota dari negara.

3.  Setelah memilih tampilan counter yang anda inginkan, anda tinggal mengisi opsi-opsi yang tersedia.

• Pilih “timezone” sesuai negara anda “Pilih +7 untuk negara Indonesia”

• Isi kategori website atau blog anda, isi start value atau jumlah awal pengunjung yang anda ingin tampilkan pada counter

• Isi alamat email dan website/blog anda. Seperti contoh pada gambar di bawah ini:

4. Kemudian pilih “Get Widget” kemudian akan tampil kotak berisi kode html lalu copy dan paste pada halaman widget website atau blog anda.

• Pada WordPress pilih Appearance – Widgets – Text (paste kode HTML yang telah dicopy) – Save

• Pada Blogger pilih Design – Add a Gadget – HTML/JavaScript (paste kode HTML yang telah dicopy) – Save

5. Setelah itu simpan dan lihat hasilnya 🙂